Profil
Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah Calon Pengajar Bahasa Arab MTS/SMP/MA/SMA yang berakhlakul karimah, berpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas profesi berbasis pendekatan integrasi keilmuan, keislaman dan kearifan lokal, serta bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.
Profil Tambahan
<!--[if !supportLists]-->-
<!--[endif]-->Menjadi peneliti
dalam bidang penelitian dan pengembangan keilmuan dan pendidikan di bidang
bahasa Arab.
<!--[if !supportLists]-->-
<!--[endif]-->Menghafal dua
juz dari Alquran (Juz 1 dan 30)
<!--[if !supportLists]-->- <!--[endif]-->Menjadi wirausahawan, sebagai pelaku kewirausahaan, pembimbing dan penyelenggara jamaah haji dan umrah.
Menjadi
Jurnalis, memiliki wawasan keilmuan dan
tehnik penulisan di media.
Sejarah
Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
bediri sejak tahun 1964, bersamaan dengan berdirinya Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar. Nama program studi pada saat itu adalah Program
Studi Bahasa Arab yang berada di bawah naungan Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin
Ujung Pandang. Dasar pendirian program studi ini yaitu Surat Keputusan Menteri
Agama No: 91 Tahun 1964 tertanggal 7
November 1964 tentang Penegerian Fakultas Tarbiyah Universitas Muslim Indonesia
Makassar menjadi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri al-Jami’ah
Tjabang Makassar. Fakultas Tarbiyah ini membina dua jurusan/prodi yakni Program
studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Bahasa Arab . Pada tahun 1999 dilakukan pembaharuan Program
Studi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam
No. E/50/1999 tentang Penyelenggaraan Jurusan dan Program Studi pada Institut
Agama Islam Negeri Alauddin Ujung Pandang, maka Program Studi Bahasa Arab
menjadi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan program studi Metodologi
Pengajaran Bahasa Arab. Perpanjangan izin operasional Jurusan Pendidikan Bahasa
Arab yang terakhir terbit pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur
Jenderal Pendidikan Islam Nomor:Dj.I/197/2009 tentang Perpanjangan Izin
Penyelenggaraan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri
(PTIAIN).
Pada tahun 2014, pada
Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dilakukan
akreditasi dan memperoleh nilai akrediatasi B (dengan nilai 356 berdasarkan SK
BAN-PT No: 176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014) kurang dari 4 point untuk mendapatkan
nilai akreditasi A. Pengelola bertekad untuk
reakreditasi berikutnya (rencananya tahun 2018) Jurusan Pendidikan bahasa
Arab harus memperoleh nilai A. itulah sebabnya, pembenahan Jurusan menuju
akrediatasi A tidak henti-hentinya
dilakukan. Dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan ke depan berbasis borang
akreditasi.
Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir
Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, jurusan
Pendidikan Bahasa Arab telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)
sejak tahun 2010 dan pada tahun 2016
melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan
Tinggi (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang
difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem
informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya
saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitaspractical skills, peningkatan
kualitas soft skills, peningkatan efektivitas pembelajarandengan model Student
Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga
lulusan Jurusasan Pendidikan Bahasa Arab yang ditunjukkan pada
profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.
Fasilitas
-