Profil

Profil utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab adalah Calon Pengajar Bahasa Arab MTS/SMP/MA/SMA yang berakhlakul karimahberpengetahuan luas dan mutakhir, berkemampuan dalam melaksanakan tugas profesi berbasis pendekatan integrasi keilmuan, keislaman dan kearifan lokal, serta bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.


Profil Tambahan

<!--[if !supportLists]-->-          <!--[endif]-->Menjadi peneliti dalam bidang penelitian dan pengembangan keilmuan dan pendidikan di bidang bahasa Arab.

<!--[if !supportLists]-->-          <!--[endif]-->Menghafal dua juz dari Alquran (Juz 1 dan 30)

<!--[if !supportLists]-->-          <!--[endif]-->Menjadi wirausahawan,  sebagai pelaku kewirausahaan, pembimbing dan penyelenggara jamaah haji dan umrah.

       Menjadi Jurnalis,  memiliki wawasan keilmuan dan tehnik penulisan di media. 


Sejarah

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar bediri sejak tahun 1964, bersamaan dengan berdirinya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Nama program studi pada saat itu adalah Program Studi Bahasa Arab yang berada di bawah naungan Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Ujung Pandang. Dasar pendirian program studi ini yaitu Surat Keputusan Menteri Agama  No: 91 Tahun 1964 tertanggal 7 November 1964 tentang Penegerian Fakultas Tarbiyah Universitas Muslim Indonesia Makassar menjadi Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri al-Jami’ah Tjabang Makassar. Fakultas Tarbiyah ini membina dua jurusan/prodi yakni Program studi Pendidikan Agama Islam dan Program Studi Bahasa Arab .  Pada tahun 1999 dilakukan pembaharuan Program Studi berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam No. E/50/1999 tentang Penyelenggaraan Jurusan dan Program Studi pada Institut Agama Islam Negeri Alauddin Ujung Pandang, maka Program Studi Bahasa Arab menjadi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dengan program studi Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Perpanjangan izin operasional Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang terakhir terbit pada tahun 2009 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor:Dj.I/197/2009 tentang Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTIAIN).19328487

Pada tahun 2014, pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab  dilakukan akreditasi dan memperoleh nilai akrediatasi B (dengan nilai 356 berdasarkan SK BAN-PT No: 176/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2014) kurang dari 4 point untuk mendapatkan nilai akreditasi A. Pengelola bertekad untuk  reakreditasi berikutnya (rencananya tahun 2018) Jurusan Pendidikan bahasa Arab harus memperoleh nilai A. itulah sebabnya, pembenahan Jurusan menuju akrediatasi A  tidak henti-hentinya dilakukan. Dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan ke depan berbasis borang akreditasi.

Berdasarkan Proses Bisnis Akademik dan Butir Mutu Kurikulum dan Proses Pembelajaran, jurusan Pendidikan Bahasa Arab telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sejak tahun 2010 dan pada tahun 2016 melakukan penyesuaian kurikulum berdasarkan KKNI dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) 2014 menjadi Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang difokuskan untuk optimalisasi pengembangan proses pembelajaran dan sistem informasi melalui aktivitas penguatan capaian pembelajaran dan daya saing lulusan, yang meliputi peningkatan kualitaspractical skills, peningkatan kualitas soft skills, peningkatan efektivitas pembelajarandengan model Student Centered Learning (SCL) dan efisiensi penyusunan tugas akhir, sehingga lulusan Jurusasan Pendidikan Bahasa Arab yang ditunjukkan pada profil lulusan memiliki daya saing di dunia kerja.


Fasilitas

-