14 Mahasiswa Hebat “Kalian Luar Biasa”

  • 14 Mei 2024
  • 04:04 WITA
  • Admin_WS
  • Berita

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab yang bertajuk Perkampungan Bahasa yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Pondok Pesantren DDI Mattoanging Kabupaten Bantaeng telah usai. Selama 4 hari Para Instrukstur yang berasal dari Mahasiswa sukses membimbing para santri dan santriwati untuk menjadi lebih baik. Sebanyak 14 Mahasiswa yang ikut terlibat dikegiatan ini. Jamaluddin dan Nurul Faudziah T menjadi Perwakilan Angkatan 2020 yang bertindak sebagai Koordinator Instruktur. Sementara itu di Angkatan 2021 ada Muhammad Amin Ishaq, Muh Ridwan, Miftahul Jannah, Muhammad Qadri Al-Fathsi, Magfirah Rahmadani, Muhammad Ahmad dan Wiwi Fadriani. Untuk Angkatan 2022 ada Sri Redjeki Nawir, Dzulfahmi Nasrullah, Rizkiyah, Muhammad Abduh dan Bakriatul Husna.

Jamaluddin selaku Kordinator Instruktur mengungkapkan bahwa kegiatan seperti inilah yang seharusnya sering dilakukan di berbagai pondok pesantren, apalagi jika pesantren tersebut belum terlalu aktif menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa sehari-hari. Dengan adanya program ini akan terlihat semangat dan antusias dari para santri dan santriwati dalam belajar bahasa Arab. Lebih lanjut Ketua Umum Al-Wahyu periode 2022-2023 ini menuturkan santri dan santriwati yang belum memiliki kosa kata yang cukup  atau bahkan tidak memiliki menjadi memiliki kosa kata yang memadai untuk bercakap sehari-hari.

Sementara itu Nurul Faudziah T yang juga menjadi instruktur pada kegiatan ini mengatakan saya selaku mahasiswa akhir sangat beryukur karena masih diberikan kesempatan dan amanah untuk ikut berpartisipasi pada kegiatan mukhayyam arabiyy yang dilaksanakan oleh Prodi. Meskipun waktu yang tidak begitu lama, kami selaku instruktur telah berusaha memberikan yang terbaik untuk adik-adik yang ikut. Yuyun sapaannya yang merupakan Alumni dari Pondok Pesantren DDI Mattoanging Kabupaten Bantaeng yang ibaratnya pulang kampung sangat bersyukur melihat antusias santri dan santriwati yang mengikuti kegiatan ini mencapai 150 orang, ini menunjukkan adanya peningkatan daya tarik dalam hal belajar berbahasa arab,”tegasnya.

Dalam Kegiatan perkampungan Bahasa ini tak lupa juga ketua HMJ Prodi PBA ikut andil, Muhammad Amin Ishaq menuturkan terlaksananya kegiatan perkampungan bahasa ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berbahasa para peserta secara signifikan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi sehari-hari.

Suksesnya kegiatan Perkampungan Bahasa ini tak luput Ketua Prodi PBA memberikan Apresiasi setinggi-tingginya kepada para instrukstur yang telah Ikhlas meluangkan waktunya dalam membimbing para Santri/santriwati mulai dari awal kegiatan sampai dengan penghujung acara di malam ramah tamah.

 Dr. Azizul Hakim, M.Pd.I Selaku Sekretaris Prodi PBA mengucapkan Terima kasih kepada segenap mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Prodi PBA di Pesantren DDI Mattoanging Bantaeng, mulai dari Tim Teknis, Koordinator Musyrif dan Musyrifah, beserta para instruktur (musyrif-musyrifah) tiap kelompok peserta. Walaupun rata-rata masih tergolong instruktur baru tapi sudah bisa  bersinergi dengan baik membangun kerjasama dan chemistry untuk satu tujuan yaitu membangun kecintaan santri terhadap bahasa Arab dan menghidupkan nuansa berbahasa Arab di lingkungan Pondok, Sukses untuk kalian semua wa Baarakallaahu fiykum tamaam al-Mubaarakah, “Tuturnya.

Ketua Panitia Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab yaitu Muh Wahyudin Wahid Syah, S.Pd.I juga menuturkan Terima Kasih kepada seluruh Mahasiswa yang tergabung dalam TIM 14, tanpa kalian kegiatan ini tidak akan berjalan dengan lancar, Kolaborasi antara Tim Instruktur dan Tim Tekhnis adalah tombak tuntasnya rangkaian kegiatan mulai dari Pembukaan sampai Penutupan di malam Ramah Tamah. Tidak Lupa Operator Prodi PBA ini memohon maaf jika dalam Proses pelaksanaan kegiatan ini terselip kata yang kurang berkenan di hati para adik-adik mahasiswa,“Tuturnya.


Penulis : Muh Wahyudin WS