Prodi PBA Sukses Gelar Mukhayyam Arabi 2024

  • 07 Oktober 2024
  • 03:26 WITA
  • Admin_WS
  • Berita

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab sukses menggelar “Mukhayyam Arabi” untuk kali ke-3 secara beruntun yang dilaksanakan mulai hari Kamis-Ahad Tanggal 3-6 Oktober Tahun 2024 di Malino Kabupaten Gowa.

Rangkaian kegiatan yang di awali dengan acara pembukaan di LT Timur Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Alauddin Makasar pada hari Kamis, 3 Oktober 2024. Dr. Abudzar Al-Qifari, M.Pd.I selaku ketua panitia pada kegiatan Mukhayyam Tahun 2024 melaporkan bahwa pada kegiatan kali ini kami membawa 65 Mahasiswa Angkatan 2023 sebagai Peserta dan melibatkan 36 orang di kepanitiaan dan Pendamping yang berasal dari Staf Prodi dan Mahasiswa. Selain itu kami juga melibatkan beberapa Dosen Prodi PBA yang menjadi Narasumber pada saat kegiatan inti di Malino.



Pada Mukhayyam kali ini, H. Abdul Rahim, Lc., M.Pd.I selaku Narsumber di hari pertama menyajikan materi terkait tentang bagaimana tips berbahasa Arab secara aktif. Di hari ke dua Dr. Asmullah, M.Th.I menyajikan materi terkait Motivasi Belajar dan Mempraktekkan Bahasa Arab. Selanjutnya Ahmad Munawwir, Lc., M.Pd.I yang memberikan Latihan Menyimak Bahasa dan lagu-lagu arab pilihan.

Dr Azizul Hakim, M.Pd.I juga memberikan Transformasi pengetahuan dalam materinya terkait Gaya Bahasa Sehari-hari. Penggunaan Bahasa yang di konsumsi sehari-hari harus memiliki gaya yang mampu memudahkan lawan bicara untuk menerima apa yang kita ungkapkan. Lebih lanjut sekretaris Prodi PBA ini berharap Semoga bekal materi dan praktik berbahasa selama berkegiatan di Villa Bahagia 4 Malino, peserta bisa lanjutkan dengan menghidupkan nuansa berbahasa Arab di lingkungan kampus sebagaimana harapan Prodi PBA yang tertuang dalam tema kegiatan.

Selain Penyajian Materi dari Narasumber ke Peserta, Kegiatan Mukhayyam 2024 ini juga berisikan kegiatan lain seperti: Hafalan Kosa Kata, Senam, beberapa Games, Penampilan Drama-Yel-yel dan terakhir Lomba Ranking-1 yang dilaksanakan sebelum acara penutupan.

Koordinator Pendamping Mukhayyam 2024, Jamaluddin, S.Pd merasa sangat bahagia karena masih diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan seperti ini, kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan berbahasa di kampus kami UIN Alauddin Makassar. Harapan besar kami adalah terciptanya lingkungan berbahasa yang aktif antara mahasiswa dan Mahasiswi Prodi PBA setelah mengikuti kegiatan tersebut. Lebih lanjut, Ketua Al-Wahyu Periode 2022-2023 ini Mewakili Pendamping  yang lainnya berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dalam mengkoordinir kegiatan perkampungan kali ini. Begitu pula permohonan maaf yang sebesar-besarnya  bila mana dalam pelaksanaan kegiatan ini ada  hal yang kurang, semoga kekurangan itu bisa kita lengkapi di mukhayyyam selanjutnya, “Tuturnya.

Seluruh Rangkaian Acara Mukhayyam 2024 akhirnya ditutup secara resmi oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Dr. Rappe, M.Pd.I. selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab mengatakan dalam sambutannya di acara penutupan berharap agar seluruh peserta mampu memanfaatkan kegiatan ini dalam meningkatkan kemampuan berbahasa dan berharap agar kebiasaan yang didapatkan selama Perkampungan Bahasa Arab mampu diaktualisasikan di lingkungan Kampus dan kehidupan sehari-hari. Lebih lanjut ia menegaskan bahwa jangan takut salah, intinya biasakan berbahasa arab. Karena semua orang fasih menggunakan Bahasa arab, tidak langsung bisa, melainkan karena kebiasaan, “tegasnya.



Selain itu di acara penutupan juga diumumkan juara-juara lomba dan pemberian hadiah kepada masing-masing yang terbaik dan diakhiri dengan foto bersama. Selanjutnya Rombongan melakukan persiapan untuk kembali rumah masing-masing.

 

Editor : Muh Wahyudin WS